Inilah yang di Maksud Besaran pokok

berikut Inilah yang di Maksud Besaran pokok Biar Menambah Pengetahuan anda


Inilah yang di Maksud Besaran pokok
Inilah yang di Maksud Besaran pokok


Besaran yang satuannya di definisikan di sebut besaran pokok. Besaran pokok ada 3, yaitu panjang, massa, dan waktu.


Panjang 


Dalam IPA, panjang menyatakan jarak anatar dua titik. Misalnya, panjang papan tulis adalah jarak antara titik pada ujung ujung papan tulis, panjang seorang bayi yang baru lahir adalah jarak dari ujung kaki sampai ujung kepala bayi itu. Mengapa panjang harus di ukur, tidak hanya sekedar di perkirakan?

Panjang menggunakan satuan dasar (SI) meter (m). Satu meter standar (baku) sama dengan jarak yang di tempuh cahaya dengan ruangan hampa selama 1/299.792.458 sekon. Untuk keperluan sehari hari sudah di buat alat pengukur panjang tiruandari meter standar. seperti penggrais, pita ukur, jangka sorong, dan meteran gulung.

Selain meter, panjang jug di nyatakan dalam satuan satuan yang lebih besar atau lebih kecil dari meter.

Contoh 

1 kilometer (km) = 1.000 meter (m)

1 sentimeter (cm) = 1/100 meter (m) atau 0,01

Sebaliknya di peroleh 

1 m = 1/1.000 km = 0,001 km

1 m = 100 cm

Nah beberapa alat pengukur panjang seperti, pita ukur atau metelin, penggaris atau mistar, jangka sorong, dan meteran gulung. Meteran gulung dan penggaris mampu mengukur paling kecil hingga 1 mm, tetapi jangka sorong mampu mengukur sampai 0,1 mm. 

Dalam melakukan pengukuran, perhatikan posisi 0 alat ukur. Untuk pengukuran panjang, ujung awal benda bermpit dengan angka 0 pada alat ukur. Selain itu, posisi mata harus tegak lurus dengan sekala yan di tunjukan hal ini untuk menghindari kesalahan hasil pembacaan pengukuran. 

Massa


    Setiap benda tersusun dari materi. Jumlah materi yang terkandung dalam suatu benda disebut massa benda. Dalam SI, massa di ukur dalam satuan kilogram (kg). Misalnya, masa tubuhmu 52 kg, massa seekor kelinci 3 kg, massa sekantong gula 1 kg.

Dalam kehidupan sehari hari, orang menggunakan istilah “berat” untuk massa. Namun sesungguhnya, massa tidak sama dengan berat. Massa suatu benda ditentukan oleh kandungan materinya dan tidak mengalami perubahan meskipun kedudukannya berubah. Sebaliknnya, berat sangat bergantung pada kedudukan dimana benda tersebut berbeda. Sebagai contoh,saat seorang astronot berada dibulan, beratnya tinggal 1/6 dari berat dia saat dibumi. 

Dalam SI, massa menggunakan satuan newton (N). Satu kilogram standar (baku) sama dengan massa sebuah silinder yang terbuat dari campuran platinum iridium yang disimpan di sevres, francis. Massa satu kilogram setara dengan satu liter air pada suhu 4 derajat celcius.

     Massa suatu benda dapat diukur dengan neraca lengan, sedangkan berat diukur dengan neraca pegas. Neraca lengan dengan neraca pegas termasuk jenis neraca mecanic. Sekarang banyak yang digunakan jenis neraca lain yang lebih praktis, yaitu neraca digital. Pada neraca digital ini, hasil pengukuran massa langsung dapat diketahui karena langsung muncul dalam bentuk angka dan satuannya. 

Selain kilogram (kg), massa benda juga dinyatakan dalam satuan satuan lain. Misalnnya, gram (g) dan miligram (mg) untuk massa yang kecil; ton (t) dan kuintal (kw) untuk massa yang besar. 

1 ton = 10 kw = 1.000 kg

1 kg = 1.000 gram 

1 g = 1.000 mg


Waktu 


     Waktu adalah selang antara dua kejadian atau dua peristiwa. Misalnnya, waktu hidup seseorang dimulai sejak ia dilahirkan hingga meninggal, waktu perjalanan diukur sejak mulai bergerak dengan akhir gerak (berhenti). Waktu dapat diukur dengan jam tangan atau stopwatch.

Satuan SI untuk waktu adalah detik atau second (s). Satu second standar (baku). Adalah waktu yang dibutuhkan atom cesium untuk bergetar 9.192.631.770 kali. Berdasarkan jam atom ini, hasil pengukuran waktu dalam serang waktu 300 tahun tidak akan bergeser lebih dari satu second. 

Untuk peristiwa peristiwa yang selang terjadinya cukup lama, waktu dinyatakan satuan satuan yang lebih besar misalnya menit, jam, hari, bulan, tahun, dan abad.

1 hari = 24 jam 

1 jam = 60 menit

1 menit = 60 second

Untuk kejadian kejadian yang cepat sekali, dapat digunakan satuan satuan milisecond (ms) dan microsekon (us). 



Besaran pokok

Panjang

Massa

Waktu

Kuat arus

Suhu

Jumlah zat

Intensitas cahaya


Satuan

Meter

Kilogram

sekon

Ampere

Kelvin

Mol

candela


Simbol Satuan

M

Kg

S

A

K

Mol

Cd

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter