Pengertian, Sejarah, Pengembangan, Keuntungan, dan Kerugian dari Media Internet

Hampir di semua sekolah sekolah tingkat pertama telah tersedia fasilitas Internet. Dengan tersedianya fasilitas ini banyak manfaat yang bisa diperoleh, baik oleh siswa atau mahasiswa maupun masyarakat umum lainnya. Internet masih terbilang cukup mahal, tetapi ada juga yang menyediakan layanan internet murah yang biasa kita ketahui dengan warung internet atau Cafe yang menyediakan internet dan masih banyak yang lainnya.

Berikut Ini Pengertian, Sejarah, Pengembangan, Keuntungan, dan Kerugian dari Media Internet Untuk Dizaman Sekarangini

Pengertian, Sejarah, Pengembangan, Keuntungan, dan Kerugian dari Media Internet
Pengertian, Sejarah, Pengembangan, Keuntungan, dan Kerugian dari Media Internet


Pengertian Internet


Istilah Internet berasal dari bahasa Latin inter, yang berarti "antara". secara kata per kata Internet berarti jaringan antara atau penghubung. Ini berarti bahwa Internet adalah jaringan jutaan komputer di seluruh dunia, yang terhubung dengan menggunakan protokol TCP / IP. Dengan internet, Anda dapat berkomunikasi dan mendapatkan informasi dari jutaan situs Web tersebar di seluruh dunia. Internet seperti sebuah perpustakaan raksasa yang dapat memberikan berbagai informasi yang kita butuhkan, Baik dalam bentuk penulisan, gambar, dan multimedia. 


Sekarang melalui Internet, kita dapat membeli dan menjual, seorang siswa dapat dengan Mudah menemukan informasi ke semua informasi yang ada di seluruh dunia, atau bahkan seorang siswa tidak harus pergi ke kampusnya karena Kuliah dilakukan secara online. Layanan Internet meliputi: komunikasi langsung seperti mengobrol atau chatiing; Diskusi seperti e-mail, milis; informasi yang terdistribusi seperti situs Web, transfer file (FTP) dan banyak layanan lainnya.


Sejarah Internet


Internet pertama kali dikembangkan pada tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat dengan nama ARPANET (US Defense Advanced Research Projects Agency). Hal Ini dimaksudkan untuk membuat jaringan komputer yang tersebar sehingga pemutusan informasi Di satu tempat dapat dihindari, karena dikhawatirkan akan dihancurkan pada saat peperangan. Dengan cara ini, diharapkan jika salah satu jaringan Putus sambungan, lalu jalur yang melalui jaringan tersebut secara otomatis pindah ke jalur yang lain.


Awal 1980-an, ARPANET dibagi menjadi dua jaringan yaitu ARPANET dan MILNET, tetapi keduanya masih dapat saling berkomunikasi satu sama lain. Jaringan interkoneksi ini disebut DARPA Internet, untuk yang berikutnya disebut internet. Selanjutnya, Internet mulai dikembangkan untuk  kepentingan akademik dengan bekerja sama dengan beberapa universitas Seperti UCLA, University of California at Santa Barbara, University of Utah, dan Stanford Research Institute. Pengembangan selanjutnya, Internet dapat diakses melalui komputer pribadi (PC) dengan di bukanya layanan Usenet dan Bitnet.


Jaringan yang membentuk karya Internet bekerja berdasarkan suatu Prosedur atau aturan yang disebut protokol. Protokol standar mulai diperkenalkan pada tahun 1982 dan dikenal sebagai TCP / IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Protokol ini mengatur penggunaan format data, menangani kesalahan lalu lintas Pesan, dan standar komunikasi lainnya. Protokol dapat bekerja pada Semua jenis komputer, tanpa terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras Atau sistem operasi yang digunakan.


Pada tahun 1986, ARPANET mulai digantikan oleh jaringan Jaringan National Science Foundation Network (NSFNET) yang menghubungkan para Peneliti di seluruh Amerika dengan lima pusat komputer super. Jaringan ini kemudian dikembangkan untuk menghubungkan berbagai Jaringan akademik lainnya yang terdiri dari universitas dan beberapa jaringan penelitian. Pada bulan Maret 1990, ARPANET secara resmi bubarkan. pasda saat Ketika NSFNET dibangun, berbagai jaringan di beberapa negara didirikan dan bergabung dengan NSFNET.


Termasuk negara-negara ini Australia, Inggris, Prancis, Jerman, Kanada, dan Jepang. Lalu Pada tahun 1990, CERN Laboratorium Fisika Partikel CERN di Swiss, mulai mengembangkan World Wide Web berdasarkan proposal yang dibuat oleh Tim Berners-Lee. World Wide Web atau www adalah layanan berbasis Grafik, artinya informasi di Internet sudah dilengkapi dengan gambar. Pada tahun 1992, PEI WEI meluncurkan perangkat lunak untuk Akses Internet dengan nama Viola dan didistribusikan dengan CERN Www. Kemudian, pada tahun 1993, Internic didirikan untuk menjalankan Layanan pendaftaran nama domain. sebuah Sistem komputer yang  terhubung secara langsung ke jaringan internet memiliki nama domain dan alamat IP (Internet Protocol) dalam bentuk numerik dan format tertentu sebagai pengenal. Pada saat itu Gedung Putih mulai online di internet.


Pengembangan Internet


Ternyata pengguna Internet di seluruh dunia terus meningkat hari demi harinya. Hampir setiap perusahaan, pemerintahan, lembaga swasta, bahkan individu terus berupaya Untuk menampilkan setiap profil di Internet. Jadi setiap kali Perusahaan, institusi, organisasi, bahkan individu diharuskan Menyediakan fasilitas internet. Bahkan, saat ini di Indonesia beberapa Institusi pendidikan, seperti sekolah, kampus menyediakan kelas internet Gratis untuk karyawan, guru / dosen, siswa, dan juga mahasiswa.


Keuntungan dari Internet


Teknologi internet telah memberikan manfaat yang sangat begitu besar untuk kehidupan manusia. Beberapa manfaat telah dirasakan oleh Masyarakat umumnya, antara lain sebagai berikut.


1. Beberapa pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan cepat selesai. Misalnya, ketika mencari informasi, berita, atau data melalui surat kabar, atau perpustakaan. Tentu saja membutuhkan Waktu dan energi yang cukup lama. Dengan menggunakan Internet, maka Pekerjaan menjadi mudah dan cepat selesai.


2. Mengirim surat melalui pos, tentu membutuhkan peralatan seperti kertas, perangko dan amplop. Kemudian, surat itu harus dikirim melalui Kantor pos selama jam kerja. Surat itu akan menjadi paling cepat Satu atau tiga hari bahkan lebih. Dengan menggunakan Internet, Mengirim surat lebih mudah dan lebih cepat saat  dikirimkan mau Kapan saja dan di mana saja selama kita dapat mengakses Internet.


Kerugian dari Internet


Dalam kehidupan di dunia ini, manusia tidak dapat lepas dari aturan Tuhan yang menciptakan manusia dan alam semesta. Ada perbuatan Baik dan buruk itu menjadi tanggung jawab manusia nanti di akhirat. Teknologi informasi dan komunikasi, terutama Internet, adalah alat yang dapat digunakan oleh manusia untuk mencapai tujuannya. Termasuk Ada manusia yang menggunakan alat ini untuk melakukan kejahatan. Munculnya kejahatan tersebut tergantung manusianya itu sendiri yang tidak bertanggung jawab. Orang yang memiliki mentalitas yang buruk. Jadi internet digunakan untuk kejahatan. Berikut ini adalah penggunaan Internet yang sangat merugikan kehidupan manusia.


1. Internet dapat diakses oleh siapa saja dengan bebas. Hal Ini dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan kepuasannya sendiri.


2. Akibat dari banyaknya gambar, foto, bahkan video yang tidak wajar di media Internet, namun hal tersebut Banyak orang yang kemudian mengunjungi dan menghabiskan waktu hanya untuk melihat foto atau video yang tidak wajaritu akibatnya dapat merusak pikiran dan moral manusia, lebih tepatnya lagi anak anak di bawah umur atau para pelajar, karena efeknya dapat merusak pola pikir dan moral mereka dan dapat merusak generasi muda bangsa kita.


3. Internet menyediakan begitu banyak fasilitas. Dari mudahnya mendapatkan sumber informasi, mendafatkan teman baru, sampai tersedianya fasilitas gratis, seperti musik, film, sampai permainan (game). Hal ini mengakibatkan para pengguna internet kecandun untuk duduk berjam jam setiap harinya di depan laptop, HP, atau komputer yang sudah terhubung dengan internet.  Jadi waktu untuk kegiatan yang lainnya terbuang dengan sia sia, seperti bersosialisasi berdiskusi dengan yang lainnya semakin banyak Berkurang. Kewajiban yang biasa dilakukannya. Mulai diabaikan demi kenyamanannya tersebut.


4. Ada juga orang yang mencuri atau membobol rekening mirik orang lain dengan cara cara tertentu di luar nalar. Ada juga orang yang mencuri data dari komputer orang lain yang jauh, atau bahkan merusaknya dengan tujuan menghancurkan usaha orang lain.


5. Bagaimana mencegah dampak negatif ini sehingga tidak meningkat besar? Kunci pertama adalah diri kita sendiri. Selama kita memiliki tekad kuat untuk benar, disiplin, tahu hal-hal yang tidak baik dan baik, maka tekad Itulah yang akan membentengi kita dari pengaruh negatif. Selanjutnya, kita harus berada di lingkungan teman teman yang memiliki tekad yang baik dan sama juga. Kemudian, di luar diri kita ada pemerintahan yang harus Berusaha keras untuk melindungi warganya dari penggunaan pengaruh negatif Internet. 

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter