Cara Membuat Email di Komputer atau Laptop

Berikut Ini Cara Membuat Email di Komputer atau Laptop

Cara Membuat Email di Komputer atau Laptop
Cara Membuat Email di Komputer atau Laptop


Pengertian Email

Email adalah singkatan dari electronic mail, yaitu pesan yang didistribusikan melalui sarana pos elektronik atau pos-el yang berfungsi untuk pertukaran pesan secara instan dari satu sistem ke sistem lain dengan bantuan internet. Surat ini dapat berisi teks, dokumen, gambar, atau lampiran lain yang dikirim melalui jaringan internet ke orang atau kelompok tertentu.

Sebelum mengirim email, Anda memerlukan alamat email sebagai identitas diri. Untuk membuatnya, Anda harus membuat akun baru menggunakan jasa penyedia email. Ada banyak jasanya untuk membuat akun email baru. Beberapa yang sering digunakan adalah Gmail, Yahoo dan Outlook.


Cara Membuat Email Baru di Gmail

  • Buka accounts.google.com
  • Pilih Sign Up untuk mendaftar akun baru. 
  • Masukkan nama depan dan nama belakang. 
  • Buat alamat email yang diinginkan. Alamat email dapat berupa huruf, angka, dan tanda titik. 
  • Buat dan konfirmasi kata sandi. Kata sandi minimal delapan karakter, terdiri dari huruf, angka, dan simbol. Klik "Berikutnya". 



Manfaat Email

  1. Setelah sukses membuat email baru, Anda dapat menggunakan email tersebut untuk mengirim dan menerima pesan jarak jauh.
  2. Berkirim pesan dengan gratis. Jika dibandingkan dengan pengiriman surat secara tradisional, email memiliki keunggulan dari segi biaya karena tidak perlu membeli kertas, alat tulis, perangko, lem, dan sebagainya untuk mengirim pesan.
  3. Jangkauan luas. Email dapat diakses di mana saja di seluruh dunia. Artinya, jika pengguna mengirim pesan dari lokasi berjarak yang jauh dengan penerimanya, pesan tersebut masih dapat diterima dan diakses dengan mudah.
  4. Pengiriman instan. Pengiriman surat tradisional menggunakan pos membutuhkan waktu berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu hingga pesan sampai ke tujuannya. Namun, email dapat dikirim secara real time dan diterima oleh penerimanya dalam hitungan menit bahkan detik. Hal tersebut mempermudah akses informasi.
  5. Melampirkan dokumen. Pengiriman email memiliki jangkauan luas yang tidak dipungut biaya dan cepat. Ini berarti pengiriman dokumen file, seperti gambar, dokumen, video, dan suara, dapat dilakukan dengan mudah tanpa menjadi masalah.
  6. Penyimpanan jangka panjang. Menggunakan email berarti Anda dapat melihat pesan yang sudah diterima dari tahun-tahun sebelumnya. Pesan tersebut disimpan secara digital sehingga mudah diakses dan tidak mudah rusak. Berbeda dengan pesan tradisional yang menggunakan kertas yang rapuh.
  7. Ramah lingkungan. Email tidak menggunakan kertas sehingga dapat menjaga kelestarian lingkungan. Bayangkan jika tidak ada email, berapa banyak pohon yang harus ditebang untuk membuat kertas, amplop, dan bahan lainnya.



Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter